10 Tips Konsisten Menulis Artikel dengan Mudah

Menulis telah menjadi hobi bagi sebagian orang. Hobi menulis tidak hanya bisa bermanfaat buat pembacanya, namun kita juga bisa mendapatkan manfaat dari menulis, yaitu mendapatkan uang. Meskipun telah menjadi hobi, perlu sekali untuk mengetahui tips agar konsisten menulis.


Tips Konsisten Menulis Artikel

 
Ibarat sebuah kereta api, untuk mendapatkan konsisten dalam menulis itu memanglah sedikit susah. Kamu harus giat dan rajin mengasah kebiasaan menulismu sehingga kebiasaan ini akan berjalan dengan sendirinya. Dan ketika kita sudah mencapai titik konsisten menulis, kita malah akan susah untuk menghentikannya.

Ada beberapa tips agar konsisten menulis yang harus kamu perhatikan. Tips tips tersebut tentunya sangat membantu untuk membangkitkan semangat menulis sehingga kamu memiliki kebiasaan baik ini. Apa sajakah tipsnya tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Kuasai Topik yang Hendak Ditulis

Yang pertama sekali dalam membangun kebiasaan menulis ialah menguasai topik yang hendak ditulis. Sangat susah sekali jika kita ingin konsisten menulis namun tidak menguasai topiknya. Yang ada bisa bisa malah kamu mendapatkan tekanan psikis karena terlalu memaksakan.

Carilah topik yang sekiranya kamu kuasai. Semisal jika kamu ngerti dalam bidang financial, kamu bisa memulai membahas hal hal yang ringan tentang topik tersebut. Dengan menguasai tema yang hendak ditulis, artikel kamu akan memiliki authority yang dimana dapat dipercaya oleh publik jika kamu benar benar menguasai bidang tersebut.

Ini menjadi syarat mutlak tips agar konsisten menulis. Jika misal kamu ingin menulis suatu topik namun topik tersebut tidak terlalu kamu kuasai, ada baiknya untuk melakukan riset dan drafting artikelmu. Dengan begini, informasi yang kamu berikan akan tetap berkualitas walaupun kamu tidak menguasainya.

Menulis Ide yang Menarik

Ide itu bagaikan pencerahan yang datang melalui pikiran kita. Banyak diantara kita yang "mengabaikan" pencerahan ini, sehingga ide atau "pencerahan tersebut hanya sebatas melintas saja. Padahal ide yang terlintas di pikiran kita itu sangatlah banyak. Dan itu sangat cukup untuk membuat artikel.
 
Bawalah buku catatan kecil di setiap kamu beraktivitas. Hal ini dimaksudkan agar ketika ada yang berseliweran di kepala, langsung segera anda tulis. Ide ide tersebut kemudian anda kembangkan ketika sedang rileks.

Rencanakan Dulu Sebelum Menulis

Buatlah planning apa yang hendak kamu tulis di hari ini. Sediakanlah notebook atau secarik kertas, kira kira bagaimana sih konsep tulisan yang hendak kamu tulis. Dengan merencanakan apa yang akan ditulis, kamu bisa memetakan dengan mudah sehingga bisa konsisten menulis.

Buatlah ini menjadi kebiasaan, karena inilah yang membuatmu menulis setiap hari. Menariknya adalah kamu bisa membuat planning untuk 1 minggu kedepan. Jadi kamu sudah menyiapkan amunisi yang cukup agar bisa konsisten menulis selama 1 minggu.

Timbul pertanyaan, bagaimana sih cara merencanakan tema yang hendak dibahas?
Buatlah kerangka apa yang hendak kamu bahas. Misal mulai dari pembukaan, isi cerita, pembahasan, dan penutup.

Bacalah buku yang hendak menjadi referensi dalam menulismu. Jika kamu menulis novel, berarti kamu harus menambah wawasanmu mengenai latar belakang novel. Maksudnya ialah ketika kamu menulis novel dengan latar belakang negara Jepang. Maka kamu harus mengerti dulu latar belakang Jepang itu seperti apa.

Paksakan untuk Mulai Menulis

Kebiasaan menulis itu hampir mirip seperti seorang masinis yang ingin menjalankan kereta. Kereta yang beratnya ber ton ton tersebut digerakan dengan sekuat tenaga. Ini adalah analogi yang sederhana bagaimana menggambarkan tips agar konsisten menulis.

Lama kelamaan masinis tidak perlu mengeluarkan effort lebih untuk menggerakan kereta, karena kereta sudah meluncur dengan sendirinya. Bagaimana jika belum merencanakan apa yang hendak ditulis? Nggak masalah, yang penting gasss aja. Karena manusia secara naluri akan mengeluarkan jurus power of the “kepepet” nya.

Ketika kamu sudah terbiasa dengan menulis, kamu akan kesusahan untuk menghentikannya. Semakin lama kamu akan semakin bercinta dengan kebiasaan menulis. Jika kebiasaan ini sudah muncul, kamu ingin menulis 5000 kata per hari pun bisa. Asalkan tadi, tips sebelumnya juga harus berjalan.

Jadikanlah Menulis Sebagai Hobi

Bagaimana rasanya jika hobi dilakukan setiap hari? Tentunya sangat menyenangkan. Oleh karena itu, agar memiliki kebiasaan menulis dengan konsisten, jadikanlah menulis sebagai hobi.

Bagaimana cara menjadikan menulis sebagai hobi? Pertama perlu kamu ketahui terlebih dahulu apa yang menjadi standar dari hobimu. Jika hobi standar kamu adalah menginspirasi orang lain lewat tulisan, memberikan influent, membuka wawasan dan suka mengeksplorasi, maka menulis masuk ke dalam standar hobimu.

Apalagi hobi yang kamu lakukan ini akan memberikan hasil dikehidupanmu. Contoh, kamu menulis karena ingin membuat buku. Dari hasil penjualan karyamu tersebut, kamu bisa mendapatkan honor yang lumayan. Tentu ini menjadi penyemangat tersendiri dan menjadi tips agar konsisten menulis.

Perbanyak Baca Buku

Menulis dan membaca itu bagaikan sebuah pisau yang digunakan dan diasah. Kok bisa analogi menulis seperti itu? Bayangkan saja, ketika kamu menulis, kamu mengeluarkan segala ide yang ada di dalam pikiranmu. Jika ide ini tidak diasah atau di recharge dengan membaca, tentu ini akan menjadi tumpul.

Luangkanlah beberapa menit untuk membaca sebelum kamu mulai menulis. Dengan membaca, wawasan dan ide akan terkumpul dalam benakmu sehingga kamu akan lebih siap dalam menulis. Kualitas tulisan yang kamu hasilkan juga akan berbobot dan tidak spin apalagi menyesatkan.

Jaga Mood

Yang menjadi penghambat utama seorang penulis ialah mood. Jangankan konsistensi menulis, kualitas tulisan yang dihasilkan besar dipengaruhi oleh mood penulis. Agar konsisten menulis, kamu harus bisa menjaga moodmu dalam keadaan stabil. Dan jika sedang bad mood, kamu harus menghentikan sejenak kegiatan menulismu dan menggantinya dengan kegiatan lain.

Ini merupakan cara agar lancar menulis. Mood yang berubah ubah banyak dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, media sosial, kondisi tubuh, dan bahkan topik tulisan yang hendak dibahas. Siapkan amunisi terbaik untuk menulis yang berupa good mood dan mood yang stabil. Tapi perlu kamu ketahui, jika menjadi penulis itu tidak terikat dengan mood.

Ketahuilah Motivasi dalam Menulis

Agar kamu lebih semangat lagi dalam menulis, ketahuilah motivasimu dalam menulis. Motivasi ini bisa berupa financial ataupun kesenangan batin. Motivasi yang berupa financial contohnya adalah setiap tulisan yang kamu buat akan menghasilkan uang. Sedangkan motivasi kesenangan batin ialah tulisan merupakan ekspresimu dalam menyampaikan perasaan.

Tips agar konsisten menulis supaya kamu terus terinspirasi ialah dengan mencari motivasi menulis. Motivasi menjadi suatu kewajiban ketika kamu hendak memulai menulis. Tulislah motivasi tersebut di secarik kertas yang sengaja kamu siapkan.

Buatlah Jadwal Menulis

Konsisten menulis dapat dilatih dengan ikhtiar sederhana, seperti membuat jadwal khusus untuk menulis. Semisal setiap di pagi hari ketika selepas bangun tidur merupakan waktu yang tepat untuk menulis. Hal ini dikarenakan suasana dan udaranya masih fresh sehingga pikiran pun jernih.

Begitu juga dengan cara konsisten menulis novel, kamu harus bisa membuat jadwal khusus. Contoh lain yang bisa kamu lakukan ialah dengan menjadwal dalam sehari, berapa jam yang kamu luangkan untuk menulis. Patuhilah jadwal yang telah kamu buat supaya konsisten menulis.

Carilah Titik Kesenangan dalam Menulis

Terakhir yang bisa kamu lakukan ialah dengan mencari kesenangan dari menulis. Setiap orang memiliki motivasi dan kesenangannya sendiri dalam menulis. Sama seperti tips diatas, tips ini akan berjalan dengan baik jika kita bisa mengetahui motivasi dalam menulis.

Titik kesenangan bisa juga muncul ketika kita berhasil memberikan informasi yang penting kepada pembaca. Ini menjadi kepuasan tersendiri buat sebagian orang. Tak khayal jika tips agar konsisten menulis yang satu ini harus kamu camkan dengan baik.

Kesimpulan
Menulis memang kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi kamu mengetahui motivasinya sehingga menjadi konsisten menulis. Ketahuilah tips agar konsisten menulis sehingga kamu akan termotivasi dan terus terpacu dalam menghasilkan karya karya yang bermanfaat buat orang lain.
Afif Mumtaz
Afif Mumtaz Seorang yang sedang berusaha menikmati indahnya membaca dan terus merubah pola pikir ke yang lebih baik.

Tidak ada komentar untuk "10 Tips Konsisten Menulis Artikel dengan Mudah"

Langganan