13 Tips Mahasiswa Baru yang Wajib Diketahui MABA

Tips Mahasiswa Baru

Jenjang perkuliahan
merupakan salah satu penentu terbesar dari apa yang kita cita cita kan. Karena di jenjang ini, kamu akan belajar banyak hal yang sehingga membuatmu menjadi orang yang lebih berbobot. Entah itu berorganisasi, relasi, channel, pertemanan, lingkungan, akademik dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, di masa perkuliahan, kamu jangan sampai menyianyiakan begitu saja. Karena faktanya banyak sekali mahasiswa yang merasa rugi di akhir semester atau setelah lulus. Ada beberapa tips mahasiswa baru yang wajib kamu perhatikan supaya kedepannya kamu menjadi mahasiswa sebagai “Agent of Change” atau agen perubahan.

Carilah Motivasi Kuliah

Pertama yang wajib kamu ketahui ialah tujuan kamu kuliah. Menurut data yang valid, sebanyak 80% mahasiswa di Indonesia masuk jurusan yang ia tidak minati sama sekali. Ini menjadi sebuah ironi memang. Karena sebenarnya tujuan kita kuliah ialah untuk menimba ilmu apa yang ingin kita dalami guna meraih cita cita ke depannya.

Motivasi kuliah ini bisa berasal dari orang tua, cita cita, atau bahkan pengorbanan yang selama ini kamu korbankan. Semisal nih, kamu jauh jauh kuliah ke luar kota, nah pengorbanan yang selama ini kamu lakukan ialah “kuliah di luar kota”. Supaya pengorbananmu tidak sia sia, kamu harus bersungguh sungguh bukan? Ini bisa menjadi pecutan dahsyat supaya kamu tetap mengingat motivasi kuliah sehingga bisa kuliah dengan semangat.

Beradaptasilah dengan Mudah

Tips menjadi maba selanjutnya ialah harus mudah beradaptasi dengan suasana kuliah yang menurut kita baru. Tahukah kamu jika ketika kita melamar pekerjaan, salah satu yang menjadi faktor penilaian ialah apakah kita bisa beradaptasi dengan baik? Coba beradaptasilah dengan sistem belajar yang baru, materi kuliah, pertemanan, dan lain sebagainya.

Jika kita tidak bisa beradaptasi dengan baik, maka bisa bisa kita akan kalah dengan yang lainnya. Kita tidak akan bisa berkolaborasi dengan mahasiswa lainnya dan bahkan dengan dosen kita. Sangat rugi sekali jika kita tidak bisa beradaptasi dengan baik.

Kenalilah Lingkungan Disekitar Kampus

Selain melakukan adaptasi secara feel, kamu juga harus bisa berdaptasi secara fisik. Kenalilah lingkungan disekitar kampus supaya kamu bisa lebih nyaman. Ini adalah salah satu tips nyaman di kampus yang wajib dipraktekan oleh mahasiswa baru.

Biasanya pengenalan lingkungan kampus atau biasa disebut dengan istilah MOS telah diadakan secara resmi oleh pihak kampus. Tapi supaya kamu bisa lebih dekat dengan lingkungan kampus, tak ada salahnya untuk sesekali jalan jalan. Cobalah untuk keliling di sekitaran kampus, lihat lihat fasilitas, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan supaya otak bisa kenal dengan lingkungan baru dan terbiasa.

Perbanyak Relasi dan Channel

Sebisa mungkin, jangan jadi mahasiswa Kupu Kupu “Kuliah Pulang Kuliah Pulang”. Biasanya mahasiswa seperti ini memiliki relasi atau kenalan yang kurang. Oleh karena itu, cobalah untuk kenal lebih banyak dengan mahasiswa lain melalui kegiatan UKM, organisasi, volunteer dan lain sebagainya.

Relasi atau channel akan sangat membantu kamu ketika sudah lulus nanti. Kamu akan lebih mudah mencari pekerjaan, karena dibantu oleh orang kenalanmu. Mereka akan saling share info mengenai lowongan pekerjaan, info beasiswa, tugas, ilmu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi pastikan, kamu harus bisa memfilter, mana kawan yang dan mana kawan yang kurang baik.

Ikutilah Organisasi atau UKM yang Menurutmu Paling Penting

Tips mahasiswa baru tak lengkap rasanya apabila belum menambahkan organisasi dan UKM sebagai kewajiban. Sebenarnya tidak ada paksaan sih buat ikut organisasi dan UKM. Tapi dengan mengikuti kegiatan non akademik, kamu bisa mengasah softskills seperti bekerja sama, publik speaking, kepemimpinan, dan lain sebagainya.

Jangan ikuti semua, ikutlah beberapa saja yang menurut kamu penting. Semisal BEM fakultas, UKM yang dapat mengembangkan softskills untuk dunia kerja, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tentunya organisasi dan UKM tersebut mampu menambah channel dan relasi yang kita miliki.

Tentukanlah Target Saat di Masa Kuliah

Target itu penting, apalagi ketika di masa kuliah. Tanpa target, hidup kita tidak akan pernah bisa berkembang. Bahkan kita akan mengalami kerugian yang paling besar, yaitu waktu. Tentukanlah target yang realistis disaat masa perkuliahan. Sebagai contoh, target lulus tepat waktu, cumlaude, menerbitkan karya ilmiah, mengikuti olimpiade, menjadi asisten dosen, mendapatkan beasiswa prestasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kamu jangan menetapkan target yang terlalu besar atau bahkan mustahil untuk diraih. Karena target semacam ini malah membuat mahasiswa menjadi tertekan sehingga tidak bisa memenuhi target yang mereka tetapkan. Ini menjadi tips mahasiswa baru supaya kedepannya lebih terarah.

Belajarlah untuk Mengatur Keuangan

Ini menjadi tips kuliah yang paling umum dan harus dilakukan oleh seorang mahasiswa ataupun mahasiswa baru (maba). Percuma jika kita pandai di bidang akademik ataupun non akademik, tapi kita sangat lemah dengan manajemen keuangan. Padahal ilmu ini tidak akan kita pelajari di dunia perkuliahan, kecuali mahasiswa jurusan ekonomi.

Berbaiklah dengan Dosen

Menjadi orang yang disukai dosen adalah sebuah anugrah tersendiri buat kita. Kenapa? Karena kita akan lebih mudah untuk mendapatkan nilai yang bagus dan juga menjadi penambah semangat kita buat kuliah. Siapa toh yang tidak ingin mendapatkan nilai bagus dengan mudah? Mau? Jadilah mahasiswa kesayangan dosen.

Kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan ketika dekat dengan dosen ialah kamu bisa berpeluang mendapatkan beasiswa dengan mudah. Biasanya, syarat untuk mendapatkan beasiswa melanjutkan ke jenjang S2 ke luar negeri terutama ialah rekomendasi dari dosen. Selain itu, dosen juga bisa menjadi pintu kita untuk mencari pekerjaan, relasi, dan masih banyak lagi yang lainnya. 


Tips Mahasiswa Baru

Jangan Remehkan Setiap Tugas

Kiat menjadi mahasiswa yang baik ialah dengan mengerjakan tugas sebaik mungkin. Tugas yang diberikan oleh dosen tentunya dapat mengasah otak kita, memperdalam ilmu yang kita pelajari, dan juga sebagai latihan kita untuk menghadapi “tugas” di dunia kerja nantinya.

Kerjakanlah dengan baik setiap tugas yang diberikan oleh dosen. Dengan begini, dosen akan suka dengan kita. Bahkan menariknya, kita bisa menjadi asisten dosen untuk membantu setiap pekerjaan dosen. Dan akhirnya, dosen akan suka dengan kita dan menjadikan kita sebagai mahasiswa kesayangan.

Tentukanlah Tujuan Setelah Kuliah

Kuliah bukan menjadi ajang pelarian ketika sudah lulus dari SMA atau SMK. Kamu harus mengetahui dengan betul apa tujuan kamu nanti setelah lulus kuliah. Apakah itu kerja? menjadi pengusaha? Atau ingin lanjut beasiswa S2? Semua itu tergantung dari tujuan kamu saat diawal memulai kuliah.

Pastikan kamu harus tahu dengan benar dan yakin mengenai tujuan kamu kuliah. Banyak mahasiswa yang asal mengambil jurusan di perkuliahan, kata mereka “yang penting masuk univ bergengsi”. Padahal pemikiran ini sangat fatal, yang paling penting, tujuan kamu harus selaras dengan jurusan kamu saat ini.

Jadikanlah Akademik Sebagai Prioritas

Jangan terlalu banyak memikirkan kegiatan non akademik sehingga melupakan kegiatan akademik itu sendri. Padahal yang paling penting saat kuliah ialah mendapatkan nilai bagus dengan softskills yang memumpuni pula.

Oleh karena itu, carilah softskill yang dibutuhkan di dunia kerja nanti. Tapi jangan sampai lupa dengan kegiatan akademik yang jauh lebih penting. Karena ini nantinya berhubungan dengan nilai dan pengetahuan kamu di dunia kerja nanti.

Carilah Informasi Beasiswa

Tips mahasiswa baru selanjutnya supaya bisa berkuliah gratis yaitu dengan mencari beasiswa. Beasiswa akan sedikit membantumu dalam urusan administrasi di kampus. Karena biaya kuliah terkenal lebih mahal ketimbang biaya sekolah di masa SMA ataupun SMP.

Ada banyak sekali kok beasiswa yang bisa kamu pilih. Entah itu dari pihak swasta maupun negeri. Bahkan ada beasiswa dari yayasan, organisasi, dan sejenisnya. Carilah beasiswa dan penuhilah syarat syarat untuk mendapatkan beasiswa. Karena biasanya orang yang mendapatkan beasiswa adalah orang pilihan dan biasanya langsung dibooking untuk dipekerjakan di perusahaan oleh pemberi beasiswa.

Belajarlah untuk Mengatur Waktu

Persiapan menjadi mahasiswa baru yang paling penting ialah manajemen waktu. Percuma jika kamu mengikuti banyak kegiatan non akademik + organisasi + volunteer + SKS yang bertumpuk tapi tidak bisa mengatur waktu. Karena mengatur waktu di jenjang perkuliahan ialah sebuah skill yang wajib dikuasai oleh setiap mahasiswa.

Di atas adalah tips mahasiswa baru yang bisa kamu lakukan. Tips tersebut dinilai sangat penting karena tanpa adanya petunjuk dan arahan dari writer span, kamu akan sedikit kebingungan. Di website ini, kamu akan menemukan banyak sekali tips yang menarik dan mudah untuk diterapkan. 
 
Tips Mahasiswa Baru

Afif Mumtaz
Afif Mumtaz Seorang yang sedang berusaha menikmati indahnya membaca dan terus merubah pola pikir ke yang lebih baik.

Tidak ada komentar untuk "13 Tips Mahasiswa Baru yang Wajib Diketahui MABA"

Langganan