21 Tips Membuat Artikel yang Menarik Buat Pembaca (SUPER LENGKAP)

Tips Membuat Artikel yang Menarik

Content is the king, mungkin ungkapan ini sangat tepat. Pasalnya membuat konten atau artikel yang bagus dan berkualitas itu menjadi sebuah kewajiban bagi konten kreator. Lalu bagaimana sih tips membuat artikel menarik? Pastikan kamu membaca dengan hati hati penjeasan dibawah ini, karena penjelasan disini dibuat sesimple mungkin.


Gunakanlah Heading Bertingkat

Tidak bisa dipungkiri lagi jika heading bertingkat memberikan kesan ketertarikan buat pembaca. Sebagai seorang pembaca, pastinya dengan dibuatnya heading ia akan merasakan kemudahan dalam mencari informasi yang dia butuhkan. Semisal di heading 2 membahas tentang tutorial, maka bisa dipastikan heading 3 mengandung tak jauh jauh dari tutorial.

Tips Membuat Artikel Menarik
Heading Bertingkat

 
Di segala jenis tulisan, wajib hukumnya membuat heading. Apalagi tulisan tersebut panjang dan super lengkap. Jika kamu melewatkan untuk menampilkan heading, bisa bisa tulisan kamu tidak menarik dan terkesan monoton oleh para pembaca dan akhirnya ia akan bosan karena artikel buatanmu tidak human friendly.

Hindari Paragraf yang Terlalu Tebal

Tips Membuat Artikel Menarik
Gambar 1

Tips Membuat Artikel Menarik
Gambar 2


Coba perhatikan gambar di atas. Bagaimana rasanya jika kamu membaca artikel di gambar 1 dan bandingkan dengan gambar 2. Tentu lebih enak baca artikel di gambar 2 kan? padahal informasi yang terkandung di keduanya sama saja.

Sebisa mungkin, hindarilah pembuatan artikel dengan konsep seperti gambar 1. Kenapa demikian? Karena dalam 1 paragraf di gambar 1 terkesan tebal dan membosankan bila dibanding dengan gambar 2. Dalam menulis, tempatkanlah dirimu sebagai seorang pembaca.

Masukan Gambar yang Relevan Sebagai Ilustrasi

Tips membuat artikel menarik selanjutnya ialah dengan memasukan gambar. Peran gambar disini sebagai ilustrasi, jadi pahit rasanya ketika kita membaca artikel, tanpa disertai gambar. Oleh karena itu berikanlah gambar yang relevan dengan topik yang dibahas.

Carilah gambar yang berkualitas dan memiliki resolusi yang bagus. Ada banyak kok gudang gambar yang siap disedot, semisal pexels, shutterstock, dan lain sebagainya. Gambar gambar di website itu, semuanya gratis untuk ilustrasi website.

Masukan Data Penunjang

Apabila artikel kamu bersifat ilmiah atau agar opinimu semakin kuat, ada baiknya memasukan juga data yang terpercaya. Semisal jika kamu membahas mengenai dampak pandemi korona terhadap ekonomi global, maka kamu harus memberikan data dari sumber terpercaya.

Jika ternyata artikel yang dibuat tidak harus membutuhkan data, maka kamu bisa memberikan gambar ilustrasi, video atau media lainnya agar pemaparan yang kamu jelaskan semakin lengkap.

Hindari Typo

Bagaimana rasanya jika kamu sedang membaca artikel, tapi di dalam artikel tersebut banyak yang typo? Tentu sangat mengganggu kan. Oleh karena itu, sebagai pembuat artikel atau penulis, harus bisa teliti dengan setiap kata yang ia tulis. Minimalisirkanlah kesalahan dalam pembuatan artikel.

Lalu bagaimana cara mengoreksi atau membuat artikel tanpa typo? Kamu bisa menggunakan bantuan dari Google Docs. Kamu bisa membuat artikel lewat Google Docs, karena di Google Docs, dapat mendeteksi segala typo. Sehingga kamu bisa membetulkannya dengan cepat.

Tautkan Pendapat Ahli atau Referensi yang Terpercaya

Cara membuat artikel yang menarik kuncinya ialah artikel kamu dapat dipercaya. Bagaimana cara agar artikel mendapatkan kepercayaan dari pembaca? Satu satunya cara ialah dengan menautkan pendapat ahli atau referensi yang terpercaya.

Kamu bisa menambahkan referensi di bagian bawah setelah artikel selesai atau sebagai catatan kaki. Dengan begini, pembaca bisa mengetahui dari mana saja sumber artikel tersebut dibuat.

Masukan Kata Kunci

Kata kunci pada artikel ternyata tidak hanya menjadi daya tarik untuk dibaca loh tapi juga bisa membantu memunculkan artikel di Google. Carilah kata kunci utama dan berikanlah penekanan pada kata kunci tersebut. Ini adalah salah satu tips membuat artikel yang menarik sekaligus berkualitas. Sebar kata kunci itu ke beberapa bagian artikel.

Alur Artikel Jelas, dari Umum ke Mendetail (Inverted Pyramid)

Menyajikan artikel yang menarik, komprehensif dan lengkap menjadi suatu keharusan kita. Untuk itu, cobalah dengan menggunakan teknik Inverted Piramida atau piramida terbalik. Teknik ini mengajak pembaca untuk memfokuskan diri kepada topik yang khusus dan mendalam.

Tips Membuat Artikel Menarik
Inverted Pyramid (Piramida Terbalik)

 
Inverted Piramida juga bisa memberikan pemahaman yang mendalam buat pembaca. Si pembaca tidak akan kebingungan lagi dalam darimana ia harus memahami isi artikel. Kualitas artikel bisa dilihat dari bagaimana ia menyajikan dan memberikan penjelasan yang mudah dicerna dan mendalam.

Ajak Pembaca Berpikir

Sama halnya dengan Inverted Pyramid, ajaklah pembaca untuk berpikir dan bertanya tanya. Karena banyak diantara mereka yang lebih tertarik dengan bacaan yang menantang dan penuh misteri. Inilah yang kemudian bisa kamu adopsi untuk membuat artikel yang menarik.

Artikel penuh dengan kata tanya ini berarti menandakan artikel tersebut user friendly. Jika sudah user friendly, maka secara otomatis artikelmu akan sangat bagus jika diposting di blog dan bisa merangkak ke page one Google.

Tandai Kata Penting dengan Italic, Underline dan Bold

Salah satu cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca ialah dengan memberikan tanda pada kata atau kalimat yang penting. Tanda itu bisa berupa italic, underline, highlight dan bold. Tanda semacam ini akan membuat pembaca semakin betah ketika sedang membaca.

Selain itu, pembaca tidak akan cepat bosan. Artikel kelihatan lebih berbobot dan tidak pedih ketika dibaca. Kata penting yang diberi tanda juga menandakan kalau kata tersebut penting atau merupakan sebuah inti dari apa yang disampaikan.

Hindari Spin atau Penjelasan yang Muter Muter

Sudah ada banyak sekali blogger yang mulai bosan dalam membuat artikel. Sehingga tak jarang dari mereka yang akhirnya membuat artikel dengan tools spinner. Artikel hasil dari spinner dinilai buruk dan membuat pembaca tidak tertarik untuk melanjutkan bacaannya.

Ternyata artikel spin bisa juga diartikan dengan artikel muter muter. Maksudnya adalah penjelasan di artikel itu hanya muter muter alias buang buang kata. Tentunya ini sangat buruk buat pembacamu yang tidak memahami artikel yang kamu buat.

Buatlah Judul yang Menarik

Judul adalah ujung tombak untuk menarik pembaca. Apabila judul yang kamu buat menarik, maka secara tidak langsung ini mensugesti calon pembaca untuk mengetahui apa yang dibahas di artikelmu. Dan juga sebagai pemberi isyarat ke Google.

Teknik ini adalah teknik yang paling ampuh buat mendatangkan visitor website. Sebagai contoh, ada judul “Tips Mendatangkan Pengunjung dengan Membuat Artikel Menarik” dan “15 Tips Ampuh Membuat Artikel Menarik agar Pengunjung Datang”. Meskipun isi artikel sama sama membahas tentang tips. Kira kira, kamu akan tertarik dengan judul yang mana?

Buatlah Pembaca Penasaran di Awal Artikel, Karena Ia Membaca Menggunakan Teknik F

Tahukah kamu bahwa rata rata orang ketika membaca artikel itu mengikuti pola huruf F? Coba perhatikan gambar berikut ini. Jika kamu memperhatikannya baik baik, maka kamu akan mendapati rata rata orang akan membaca artikel yang paling mendominasi di awal awal paragraf.

Tips Membuat Artikel Menarik
HotSpot adalah bagian yang sering dibaca

Oleh karena itu, cobalah untuk membuat artikel yang membikin pembaca penasaran. Bagaimana cara membuat artikel yang bikin orang penasaran? Caranya ialah sajikanlah penjelasan yang ringan ketika di awal. Penjelasan ringan disertai dengan kalimat kalimat tanya sehingga membuat orang penasaran.

Gunakan Format yang Sewajarnya

Terkadang ada orang yang membuat artikel dengan format font yang terlalu alay. Memang boleh kamu menggunakan font yang rumit atau alay itu, tapi cobalah untuk bisa menempatkan dirimu sendiri sebagai seorang pembaca. Sehingga kamu tidak tersiksa dengan format font yang tidak biasa.

Tips Membuat Artikel Menarik
Artikel Pertama

Tips Membuat Artikel Menarik
Artikel Kedua

Bayangkan saja, dari kedua artikel di atas, kira kira kalau kita sebagai pembaca, enak mana? Apakah artikel pertama atau kedua? Tentu saja lebih enak dibaca yang artikel pertama. Hal ini dikarenakan font yang digunakan tidak terlalu rumit sehingga lebih mudah dibaca.

Tingkatkanlah Kualitas Artikel yang Kamu Buat

Membuat artikel menarik salah satu kunci utamanya ialah dari segi kualitas. Tingkatkanlah kualitas artikel yang kamu buat sehingga artikelmu mengandung “daging” (padat informasi). Dengan begini, pembaca akan lebih suka dengan artikelmu ketimbang artikel yang hanya membahas permukaannya saja.

Buatlah artikel secara mendalam dan detail. Hal ini dimaksudkan agar artikel yang kamu buat memiliki authority yang besar dan dapat dipercaya oleh pembaca. Sehingga tak heran jika artikelmu nantinya malah dijadikan sumber referensi untuk membuat karya lainnya.

Buatlah Kesimpulan

Cara membuat artikel yang menarik pembaca tentu tak lepas dari yang namanya kesimpulan. Kenapa harus menggunakan kesimpulan? Karena pembaca akan lebih memahami apa yang ia baca selepas ia membaca kesimpulan.

Apakah wajib bagi kita untuk memberikan kesimpulan di akhir artikel? Sebenarnya tidak juga, tergantung kebutuhan. Jika artikelmu mengandung opini atau non fiksi, maka kamu bisa menambahkan kesimpulan guna meningkatkan intent pembaca.

Minimalisir Pembukaan yang Kurang Menarik

Ketika membuat artikel, hindarilah pemborosan kata yang berada di awal artikel. Basa basi yang terlalu panjang lebar dapat membuat pembaca bosan dan akhirnya tidak tertarik dengan isi artikel yang kamu buat.

Taruhlah Listacle yang Menarik di Awal

Mungkin ini hampir mirip seperti daftar isi. Jadi apabila kamu membuat artikel yang panjang, tak ada salahnya untuk membuat daftar isi atau listicle di awal artikel. Hal ini agar memudahkan pembaca dalam menavigasi isi artikel.

Hindari Pemborosan Kata

Kurangilah basa basi yang tidak terlalu berguna pada artikel yang kamu buat. Memang benar, membuat artikel yang panjang dan jumlah kata nya sangat banyak menjadi nilai tambah tersendiri. Tapi sangat disayangkan apabila artikel yang kamu buat tidak berbobot.

Buatlah Kerangka Artikel yang Jelas

Artikel menarik ialah artikel yang memiliki kerangka yang jelas. Bagaimana kerangka yang jelas itu? Artikel yang berkerangka jelas ialah yang terdiri dari pembukaan, isi, lalu kesimpulan. Terdengar sepele, namun ini menjadi tips ampuh membuat artikel yang menarik.

Buatlah Artikel Padat dan Informatif

Sebisa mungkin, buatlah artikel yang padat, komprehensif, tajam, dan informatif. Artikel yang demikian ini lebih disukai oleh pembaca. Mengingat minat baca orang indonesia itu masih rendah, jadi dengan membuat artikel yang padat dapat membantu mereka dalam memahami informasi yang ada di dalam artikel.

Di atas adalah tips membuat artikel yang menarik. Kamu bisa memodifikasi dengan caramu sendiri. Sehingga tips dan cara tersebut bisa cocok dengan gaya dan isi artikel yang kamu buat.
Afif Mumtaz
Afif Mumtaz Seorang yang sedang berusaha menikmati indahnya membaca dan terus merubah pola pikir ke yang lebih baik.

Tidak ada komentar untuk "21 Tips Membuat Artikel yang Menarik Buat Pembaca (SUPER LENGKAP)"

Langganan