10 Tips Mendapatkan Ide Paling AMPUH untuk Menulis

Menulis merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Saking menyenangkannya, banyak orang yang kemudian menjadikan menulis sebagai hobi. Bahkan bagi sebagian orang, menulis menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Dan menulis adalah salah satu pekerjaan yang membutuhkan otak kanan atau imajinasi yang luas agar bisa terus berjalan dengan baik.


Tips Mendapatkan Ide Menulis

 
Tak jarang kita akan buntu ketika sedang menulis. Tidak adanya ide membuat kita menyerah ketika sedang membuat sebuah karya. Sebenarnya hal itu sangat disayangkan, karena setiap penulis pasti pernah mencapai titik jenuh dan buntu ide. Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui tips mendapatkan ide menulis yang akan disajikan di artikel kali ini. Jika ada yang bingung, kamu bisa menanyakannya.

Cara Mendapatkan Ide Menulis

Memang ada banyak cara untuk memperoleh ide menulis yang bisa kita terapkan. Memiliki ide yang banyak dan luas akan membuat kita lancar ketika menulis sebuah naskah. Nah, perhatikan tips mendapatkan ide menulis agar mempunyai bank ide yang bisa kamu ambil kapan saja.

Membaca Buku

Ya benar, cara yang paling mudah untuk memperoleh ide ialah dengan membaca buku. Analogi orang yang menulis itu bagaikan sebilah pisau. Ketika pisau itu tidak diasah (dengan membaca buku), maka pisau tersebut tumpul. Percuma saja jika kita terlalu banyak mengasah pisau tapi tidak pernah menggunakannya (untuk menulis).

Buku yang bisa kamu jadikan referensi tentunya sejalan dengan tema yang kamu tulis. Semisal jika kamu sedang menulis tentang novel, maka kamu harus memperbanyak membaca novel. Jika kamu menulis artikel tentang bisnis, kamu bisa membaca buku tentang bisnis dan finansial. Dengan begini, ide akan terkumpul dengan sendirinya.

Menonton Film

Cara lain untuk mengumpulkan ide ialah menonton film. Cara ini memang cukup mengasyikan, apalagi genre film yang kita tonton adalah kesukaan kita. Terkadang film akan menyisipkan banyak sekali ide atau khayalan yang tidak terpikirkan olehmu. Tidak hanya cocok untuk mencari tulis, namun kamu bisa mengembangkan ide dengan menonton film. Ini juga masuk ke dalam cara mengembangkan ide tulisan.

Ketika kamu menonton film, perhatikanlah alur cerita, tokoh, sifat, dan percakapannya. Semua itu akan menginspirasimu, apalag sampai membuat kamu excited. Otak manusia akan terus berimajinasi, karena dibantu oleh kegiatan visual yang dapat memantik terbukanya ide.

Jalan Jalan Keluar Sejenak

Apabila kedua cara di atas tidak cukup membantu membuka ide ide yang ada dipikiranmu, cobalah untuk keluar rumah dan melihat lihat lingkungan di sekitar. Pikiran manusia akan berimajinasi ketika melihat suatu hal yang baru. Dengan begini, ide akan masuk ke pikiranmu dengan mudah.

Tidak harus berjalan jalan, kamu juga bisa bersepeda, motor motoran, atau bahkan olahraga jogging. Semakin jauh kamu menjelajahi, semakin luas pula ide yang bisa kamu dapatkan. Jika semisal kamu menemukan hal menarik di tengah jalan, kamu bisa mengamati sejenak dan koreklah ide dari dalamnya.

Istirahat Sebentar

Seorang penulis harus bisa mengontrol dirinya, apalagi ketika sudah cukup lelah. Ingat, sebuah pisau juga memiliki batas lelahnya. Jika kamu memaksakan diri, padahal otak sudah lelah, bisa bisa artikel atau tulisan yang kamu buat akan rancu dan tidak jelas.

Memang menulis adalah kegiatan yang cukup menguras tenaga. Bisa dibilang, aktif menulis selama 2 jam, kamu harus beristirahat selama minimal 30 menit. Selain berguna untuk mengembalikan energi, istirahat sebentar bisa memunculkan ide ide yang sebelumnya tidak kamu pikirkan.

Melihat Karya Orang Lain

Ingat, hanya sebatas melihat untuk membuka wawasan, bukan menyalin karya orang tersebut. Ketika kamu melihat karya orang lain, kamu akan mengatakan “oooohhhh” yang artinya ada sesuatu yang baru kamu ketahui, sehingga imajinasimu akan bermain dan menghasilkan ide untuk ditulis.

Tentunya, kamu harus mencari karya yang sesuai dengan tema tulisanmu. Setelah mendapatkan imajinasi dan ide tersebut, kamu bisa mengembangkannya sesuai dengan daya pikirmu. Bermain mainlah dengan imajinasi, karena setiap orang akan menghasilkan imajinasinya yang berbeda beda.

Scrolling Media Sosial

Eiitss.... ada beberapa syarat yang harus kamu patuhi ketika kamu scrolling medsos. Ingatlah bahwasannya medsos itu juga bagaikan pedang bermata dua, di satu sisi dapat memunculkan berbagai macam ide dan imajinasi, namun disisi lain dapat membuat seseorang malas.

Syarat sebelum scrolling medsos ialah kamu harus memiliki batasan agar kamu tidak terlena sehingga malas untuk melanjutkan tulisanmu. Syarat lain adalah kamu harus scrolling medsos yang inspiratif sehingga kamu bisa mendapatkan inspirasi di dalamnya.

Mendengarkan Musik

Ya benar, orang ketika mendengarkan musik, ia akan merasa excited atau suka. Ketika orang tersebut sudah suka dan bahagia, otaknya akan mampu berimajinasi dengan baik. Imajinasi inilah yang akan memunculkan ide untuk tulisanmu.

Tips mengumpulkan ide menulis yang satu ini memang cukup menarik, karena faktanya tidak setiap orang bisa benar benar menemukan ide yang fresh, terkadang ada juga orang yang malah stuck karena terganggu dengan musik.

Merubah Sudut Pandang

Sudut pandang yang itu itu saja akan membuat tulisan yang kamu hasilkan akan monoton. Jika pembaca terus disuguhkan dengan tulisan monoton, bisa bisa mereka akan bosan karena tidak ada ide lain yang menarik. Oleh karena itu jika kamu seorang penulis novel dan hendak mencari ide, cobalah cara mendapatkan ide untuk menulis novel yang satu ini.

Jelajahilah setiap sudut pandang, karena masing masing sudut pandang tersebut pasti tersimpan jutaan ide. Tidak hanya untuk penulis novel saja, buat kamu seorang content creator harus bisa menjelajahi setiap feel orang.

Mencoba Memasukan Subjek atau Objek Baru

Munculnya subjek atau objek baru di suatu tulisan, akan memperkaya cerita yang disuguhkan di artikel. Secara tidak langsung, ketika kamu memasukkannya ke dalam naskahmu, jumlah kata yang kamu tulis akan semakin banyak dan tentunya ini akan memberikan dampak yang berbeda beda buat pembaca.

Menampung Ide dari Orang Lain

Bagaimana cara menemukan ide menulis jika kamu sudah benar benar stuck? Cara yang paling mudah ialah dengan menampung ide dari orang lain. Kamu bisa minta masukan kepada teman, sahabat atau bahkan orang di sekitarmu mengenai apa yang hendak kamu tulis.

Cara meminta idenya pun beragam, mulai dari mengontaknya satu per satu atau membuat status di sosial media. Jika kamu seorang blogger dan memiliki website, kamu bisa membuat form khusus untuk penampungan ide yang kamu sediakan di websitemu. Atau bahkan, kamu tinggal menampung artikel dari mereka.

Kesimpulan
Di atas telah dijelaskan mengenai tips mendapatkan ide menulis dengan mudah. kamu bisa memakainya semua jika kamu merasa buntu ide. Memang ide adalah hal yang sangat berharga, karena sejatinya seorang penulis bisa berbagi informasi dan manfaat hanya dari apa yang ia tulis.
Afif Mumtaz
Afif Mumtaz Seorang yang sedang berusaha menikmati indahnya membaca dan terus merubah pola pikir ke yang lebih baik.

Tidak ada komentar untuk "10 Tips Mendapatkan Ide Paling AMPUH untuk Menulis"

Langganan