21 Tips Menulis Artikel di Blog yang Benar

Membuat artikel di blog merupakan pekerjaan seorang blogger. Tapi terkadang, banyak juga blogger yang kehabisan ide dalam membuat artikel. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena coba bacalah artikel yang membahas tentang tips mendapatkan ide untuk menulis konten di artikel sebelumnya.


Tips Menulis Artikel di Blog

 
Ternyata menulis artikel di blog tidak boleh sembarangan. Meskipun blog menjadi bagian dari personalitas, tapi tetap saja dalam menyajikan informasi lewat blog harus benar. Berikut ini adalah tips menulis artikel di blog yang harus anda perhatikan dengan betul.

Buatlah Judul yang Menarik dan Clickable

Tips pertama yang wajib anda terapkan ialah dengan membuat judul yang menarik. Alasan anda mengunjungi artikel ini apa? Tak lain dan tak bukan karena tertarik dengan judulnya kan? Judulnya yang begitu clickbait lah yang membuat tangan netizen gatal untuk mengklik artikel tersebut. Nah, sebisa mungkin buatlah judul yang sangat membuat orang penasaran.

Tambahkanlah angka pada judul akan membuat pembaca tertarik. Selain itu, penggunaan kata seperti “TERBAIK, AMPUH, VIRAL, MUDAH, atau bahkan NOMOR 5 YANG PALING MENGESANKAN” akan menjadi cara menarik pembaca. Tak percaya, coba bandingkan antara judul:

21 Tips Menulis Artikel di Blog (SUPER LENGKAP)

Tips Menulis Artikel Blog yang Wajib Diketahui

Dari kedua judul di atas, manakah yang menarik emosi anda? Tentu saja yang judul pertama bukan? Nah, konsep inilah yang harus diketahui oleh seorang content creator supaya content atau artikel mereka menarik. Dan jangan lupa, buatlah judul yang SEO supaya disukai oleh Google.

Gunakan Heading dan Subheading

Agar pembaca tidak bosan gunakanlah Heading dan Subheading. Kedua komponen ini yang akan membuat artikel menjadi lebih dinamis dan menarik. Selain itu, pembaca akan lebih mudah dalam menavigasi isi konten. Tidak hanya pembaca loh, ternyata Google juga suka artikel yang lengkap dengan Heading dan Subheading.

Sebagai konten writer, jangan sampai lupa untuk memperhatikan tips membuat artikel blog yang satu ini. Karena tanpa tips ini, artikel anda akan terlihat monoton dan membosankan. Anda tahu kan jika orang indonesia itu memiliki tingkat literasi yang rendah? Nah dengan melakukan tips ini, berarti anda sudah mengakali supaya artikel anda mau dibaca oleh pengunjung.

Tambahkan Gambar, Video, dan Media Pendukung Lainnya

Sekali lagi, jangan lupa untuk menambahkan media yang relevan dengan pembahasan artikel yang anda buat. Media tersebut bisa berbentuk gambar, video, atau dokumen lainnya. Gambar dan video sangat memberikan manfaat untuk mencegah pembaca bosan. Pembaca akan mendapatkan ilustrasi dan informasi lebih dari media seperti gambar dan video.

Ternyata tidak hanya mencegah pembaca bosan, media pendukung dapat mengoptimalkan artikel loh. Jadi Google akan mengetahui di artikel tersebut ada gambar, video, dan media lainnya. Ini akan menambah kepercayaan Google untuk menaruh artikel anda di halaman pertama Google. Tidak percaya? Coba buktikan, artikel yang bergambar dengan yang tidak dengan tingkat persaingan dan value artikel yang sama.

Jangan Menulis Paragraf yang Terlalu Panjang

Ini adalah tips membuat artikel di blog yang harus diperhatikan betul. Pembaca akan merasa bosan jika melihat paragraf yang gemuk gemuk. Apa itu paragraf gemuk? Jadi dalam 1 paragraf, terdapat 7 lebih baris. Paragraf gemuk itulah yang membuat mata sakit sehingga pembaca akan cenderung untuk tidak dibaca penuh. Bahkan parahnya lagi, mereka hanya akan melihat Heading atau Subheading nya saja.

Lalu bagaimana cara membuat artikel blog yang menarik? Caranya mudah saja, cukup bagi 1 paragraf menjadi beberapa paragraf. Jadi dalam 1 paragraf hanya boleh mengandung beberapa kalimat saja. Meskipun paragrafnya terlihat kurus, yang paling penting ialah artikelnya padat informasi.

Gunakanlah Bahasa yang Mudah Dipahami

Tips menulis artikel di blog selanjutnya ialah dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Kenapa harus mudah dipahami? Ingat, artikel yang anda sajikan di website bukanlah karya ilmiah. Artikel tersebut dikonsumsi oleh masyarakat umum, sehingga sebisa mungkin buatlah artikel dengan bahasa yang simpel dan mudah.

Hal ini dimaksudkan supaya pembaca tidak kesulitan dalam menelan informasi yang ada di artikel tersebut. Sehingga pembaca tidak melakukan kesalahan penafsiran dari apa yang informasi kita sampaikan.

Jangan Terlalu Banyak Basa Basi

Basa basi yang bermutu dan berbobot sangat diperbolehkan, tapi jika basa basi yang kurang berbobot, lebih baik hindarilah. Karena prolog yang tidak to the point akan membuat pembaca semakin bosan dengan artikel yang kita sajikan.

Ingat, alasan kenapa orang mengakses blog di internet ialah untuk mengetahui informasi dengan cepat. Sehingga sajikanlah artikel yang berbobot dan padat informasi. Dan anda juga perlu mengetahui, faktanya orang indonesia memiliki tingkat literasi yang rendah dan tidak suka membaca panjang.

Menulis dengan Friendly

Apa maksudnya menulis dengan friendly? Maksudnya ialah gunakanlah bahasa yang mudah dipahami oleh netizen. Jika perlu, anda juga harus menulis dengan santai dan seakan akan sedang mengajak berbicara kepada pembaca. Sehingga dengan begini, pembaca tidak akan cepat bosan.

Tulisan friendly bisa juga disebut tulisan yang “mengalir”. Konsep atau struktur bahasanya pun juga urut, tidak jomplang kesana kemari. Semisal ketika anda sedang menjelaskan mengenai sejarah nasi padang, jangan kemudian tiba tiba membahas mengenai harganya.

Paham Betul dengan Topik yang Sedang Ditulis

Tips membuat artikel di blog yang menarik selanjutnya ialah dengan menguasai betul materi yang hendak ditulis. Menguasai materi secara keseluruhan akan memberikan otoritas yang tinggi untuk artikel yang anda buat. Pembaca tidak ragu lagi dengan wawasan yang anda tulis di artikel yang mereka baca.

Selain itu, dengan menguasai topik artikel yang hendak ditulis, nantinya anda bisa menyusun artikel yang padat, ringkas, dan jelas. Ini menjadi sebuah keharusan dalam membuat artikel yang menarik di blog. Karena informasi di blog adalah kategori informasi cepat.

Artikel Bentuk Listicle Lebih Baik

Tahukah anda jika artikel yang berbentuk listacle adalah jenis artikel yang banyak digunakan di dunia internet? Fakta ini menunjukan sebagian besar artikel di internet yang memiliki interest terbesar ditempati oleh artikel listicle. Ini merupakan tips menulis artikel di blog yang menarik.

Selain itu, artikel yang berbentuk listacle akan memudahkan pembaca dalam menelan informasi yang ada di dalamnya. Struktur jelas yang berupa heading, subheading, dan beberapa list penting dapat mempermudah pembaca dalam memahami isi artikel.

Gunakan Bold, Italic, dan Tanda Baca Lainnya

Kenapa harus menggunakan tanda bold, italic, dan sejenisnya? Tanda baca seperti inilah yang membuat pembaca tetap fokus dengan bacaannya. Selain dapat meningkatkan fokus, pembaca juga tidak akan jenuh dengan artikel yang mereka baca dan tidak terkesan monoton.

Coba gunakanlah tanda baca ini pada kata atau kalimat yang penting. Semisal kata kunci bisa dibold, kata dari bahasa inggris bisa menggunakan italic, kata penting bisa menggunakan underline dan sejenisnya.

Kurangi Typo

Kesalahan pengetikan atau biasa disebut typo menjadi pantangan ketika anda membuat artikel untuk blog. Kenapa demikian? Karena jika artikel kita kebanyakan typo, bisa bisa pembaca akan merasa ilfeel sehingga bosan dengan tulisan anda. Tingkatkanlah kemampuan mengetik anda supaya tidak typo.

Ada cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek apakah artikel yang anda buat ada typo nya atau tidak. Yaitu dengan menggunakan Google Docs. Fitur dari Google ini bisa anda gunakan untuk mengetik serta memperbaiki kesalahan. Jika terdapat kesalahan atau typo, maka secara otomatis, ada garis merah di bawah kata tersebut. Tapi Google Docs harus diakses dengan menggunakan internet yang terhubung.

Tempatkan Kata Kunci dengan Tepat

Sebenarnya ini merupakan salah satu teknik SEO Onpage yang bisa anda terapkan di dalam artikel blog. Sebarlah kata kunci artikel tersebut ke beberapa bagian artikel. Mulai dari paragraf pertama, isi artikel, hingga kesimpulan. Yang paling penting ialah jangan terlalu spam kata kunci terlalu banyak di dalam artikel. Karena itu dianggap Keyword Stuffing oleh Google.

Tempatkanlah pula kata kunci di bagian judul dan deskripsi. Kata kunci yang disebar akan mempermudah Google dalam mencari konten anda. Selain itu pembaca akan lebih mudah dalam mengidentifikasi sebenarnya apa sih isi konten yang anda buat hanya dari keywordnya.

Gunakanlah LSI Supaya Lebih SEO Friendly

LSI atau Latent Semantic Keyword adalah turunan dari kata kunci utama. LSI ini nantinya akan membantu Google untuk mengidentifikasikan isi dari kata kunci utama.Semakin banyak LSI, semakin bagus. LSI sangat mudah ditemukan, cukup ketik kata kunci utama di Google, selanjutnya anda akan mengetahui kata kunci turunannya.

Semisal kata kunci utamamu ialah Apple. Google tidak mengetahui, sebenarnya yang dimaksud Apple itu sebuah produk Apple Inc atau Apple buah. Oleh karena itu, penting sekali untuk menggunakan kata kunci turunan. Sebagai contoh, jika anda ingin menargetkan Apple buah, maka ditambahi dengan kata Fruit. Itu sudah bisa mengindikasikan Apple yang dimaksud ialah buah.

Upload Artikel Secara Konsisten

Mengelola blog itu tidak boleh sembarangan, anda harus merawatnya dengan konsisten supaya blog yang anda bangun tersebut tetap hidup. Dengan mengupload konten atau update website secara berkala, itu akan memberikan sinyal kepada Google bahwasanya blog anda masih hidup.

Sehingga dalam periode tertentu, Google akan mengetahui kalau anda akan update konten. Setelah masuk pada tahap ini, anda tidak perlu lagi meminta pengindeksan artikel yang baru saja anda publish. Karena secara otomatis, artikel anda akan terindeks.

Gunakanlah Internal Link dan Eksternal Link

Link di dalam artikel ternyata sangatlah penting sekali. Selain buat urusan SEO, link di dalam artikel akan memudahkan pembaca untuk memperoleh informasi tambahan mengenai apa yang mereka baca. Semisal “Baca selengkapnya disini, klik disini, dsb”.

Anda jangan sampai malas malas dalam membuat link di dalam artikel, entah itu yang berjenis internal maupun eksternal. Internal link akan memudahkan robot dan pembaca dalam mencari artikel anda. Dan eksternal link akan memberikan penjelasan lengkap kepada pembaca dan meningkatkan otoritas di mata search engine.

Judul dan Isi Artikel Harus Relevan

Buatlah judul yang menarik dan bisa memikat calon pembaca buat melihat isi artikel. Lalu bagaimana cara membuat judul artikel yang menarik? Caranya ialah dengan menyisipkan kata kata yang dapat membangkitkan emosional dan rasa penasaran calon pembaca.

Semisal dengan menambahkan angka, menambahkan kata persuasif seperti AMPUH, LENGKAP, VIRAL, dan lain lain. Kata sederhana seperti inilah yang menjadikan tangan pembaca gatal untuk mengklik artikel yang telah buat.

Jangan Buat Pembaca Bosan

Tips menulis artikel blog yang menarik selanjutnya ialah dengan tidak membuat pembaca bosan. Tahukan jika masyarakat indonesia memiliki tingkat literasi yang rendah? Nah supaya mereka masih tetap tertarik dengan artikel buatan anda, maka buatlah artikel tersebut mengalir dan tidak membosankan.

Cukup letakan inti artikel berada di depan dan kurangi basa basi yang tidak ada kaitannya dengan inti informasi. Anda bisa juga menggunakan bahasa yang gaul dan kekinian supaya pembaca tidak bosan dengan penjelasan artikel yang monoton. Dengan begini isi artikel akan tersampaikan dengan baik kepada pembaca sebelum pembacanya bosan.

Buatlah Kesimpulan

Sertakan pula kesimpulan pada paragraf terakhir. Hal ini dimaksudkan agar pembaca tahu makna sesungguhnya dari informasi yang anda sampaikan. Tapi terkadang ada juga pembaca yang begitu malasnya membaca artikel, sehingga ia hanya melihat bagian kesimpulannya saja.

Hal ini akan menambah bounce rate pada artikel yang anda buat. Ada cara mengurangi bounce rate akibat pembaca yang malas. Diantaranya ialah buatlah kesimpulan yang menarik sehingga pembaca ingin mengetahui informasi lengkapnya dengan cara membaca semua isi artikel.

Singkat, Padat, dan Jelas

Sampaikan informasi dengan padat dan jelas supaya pembaca langsung menangkap isi dari artikel tersebut. Penjelasan lebih lengkapnya, mungkin anda bisa menggunakan infografis yang dibuat dengan menarik.

Pastikan segala informasi yang anda sampaikan dapat ditelan oleh siapa saja dengan tingkat pemahaman bahasa yang beragam. Tapi semua itu tergantung dari target pembaca anda. Semisal pembaca anda ialah pasangan muda, maka gunakanlah bahasa yang friendly namun tetap jelas.

Optimasi Artikel yang Telah Anda Buat

Optimasi artikel atau teknik SEO Onpage menjadi jantung dari artikel anda supaya banyak pembacanya. Ada banyak sekali cara mengoptimasi artikel blog, diantaranya ialah tambahkanlah gambar, video, sebar kata kunci, gunakanlah LSI, dan link yang ada di dalam artikel tersebut.

Lakukanlah semua langkah optimasi tersebut agar artikel anda semakin kuat di mata Google. Sehingga Google tidak segan segan memasukan artikel anda di urutan halaman pertama mesin pencari.

Share ke Media Sosial

Terakhir ialah share artikel yang telah anda buat ke media sosial. Ini juga menjadi salah satu teknik dalam memasarkan artikel supaya banyak yang membacanya. Share artikel yang telah di buat ke Facebook, Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya.

Tak ada salahnya anda juga menautkan artikel yang telah anda buat ke forum internet. Seperti Quora, Kaskus, dan sejenisnya. Dengan begini, anda bisa mendapatkan traffik pembaca dari berbagai macam media sosial dan forum internet.

Di atas adalah tips membuat artikel di blog. Mudah banget kok membuat artikel di blog yang menarik. Tinggal bagaimana tingkat kesungguhan kita dalam membuat karya yang akan kita publikasikan di blog. Ingat konsep Content is The King. Jadi buatlah konten sebaik mungkin supaya banyak yang menyukainya.
Afif Mumtaz
Afif Mumtaz Seorang yang sedang berusaha menikmati indahnya membaca dan terus merubah pola pikir ke yang lebih baik.

Tidak ada komentar untuk "21 Tips Menulis Artikel di Blog yang Benar"

Langganan