10 Tips Merintis Usaha Online untuk Pemula hingga Expert

Dunia digital seperti sekarang ini menuntut kita untuk meng-online-kan segala bentuk usaha. Hal ini dimaksudkan agar kita bisa menjamah lebih banyak pembeli sehingga berpeluang meningkatkan daya marketing kita. Sebelum anda merintis usaha online, pastikan kuasai dulu ilmu yang wajib dimiliki.

Tips Merintis Usaha Online

Setelah ilmu dasar digital marketing anda kuasai, selanjutnya ialah anda harus mengetahui beberapa tips merintis usaha online. Tips ini nantinya akan membantu anda dalam merilis usaha online dengan mudah. Pastikan pula lakukanlah tips ini secara urut dan sebisa mungkin lakukanlah kesemuanya. Berikut ini adalah tips memulai usaha online yang wajib anda lakukan.

Buatlah Website

Sekarang ini, website menjadi kebutuhan utama dalam berbisnis online. Hal ini dikarenakan dengan memiliki website, brand atau usaha online tersebut memiliki authority yang dimana dapat meningkatkan kepercayaan pada pelanggan. Hal inilah yang kemudian banyak orang mau tidak mau berlomba lomba untuk membuat website.

Lalu setelah memiliki website, emang di dalam website tersebut akan diisi apa aja? Ada banyak, mulai dari profil usaha, testimoni, kontak, FAQ, cara order, informasi produk, dan lain sebagainya. Sehingga dengan begini, dalam 1 website semua informasi mengenai usaha yang anda rilis terkemas rapi dan dapat diakses dengan mudah.

Belilah Domain dan Hosting

Jangan lupa untuk membeli domain dan hosting sebagai pelengkap dalam pembuatan website. Domain disini berfungsi untuk mempermudah pelanggan dalam mengakses website yang telah anda buat. Semisal sainstron.com, kata sainstron bisa anda ganti sesuai selera dan merepresentasikan jenis usaha yang anda buat. Dan kata .com itu adalah domain yang bisa anda beli di berbagai penyedia domain terpercaya.

Selain domain, perlu juga hosting. Supaya website yang telah anda bangun tersebut bisa memuat banyak data, file, dan sejenisnya, anda harus menyediakan hosting. Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya peladen-peladen untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS. Untuk pemula, sewalah hosting yang harganya murah. Paling tidak, website anda bisa berdiri terlebih dahulu. Baru kemudian jika usaha online anda sudah berkembang dengan pesat, anda bisa mengupgradenya.

Kumpulkan Semua Testimoni

Supaya produk yang anda jajakan semakin dipercaya oleh orang lain, khususnya pelanggan baru. Anda wajib menyertakan testimoni yang bisa meningkatkan authority usaha anda. Testimoni ini bisa anda posting di website ataupun akun official medsos yang anda buat.

Kenapa harus mengumpulkan dan memposting semua testimoni? Ingat, dunia digital marketing itu cukup kejam, merintis usaha online juga harus ada triknya, yaitu dengan “pamer”. Kata “pamer” yang tepat ialah dengan memamerkan segala kelebihan yang kita miliki, yaitu lewat testimoni ini. Dengan mengupload testimoni, itu sudah menandakan jika usaha online kita sedang hidup. Jadi pelanggan bisa percaya dengan usaha yang kita buat.

Foto Produk dengan Kualitas yang Bagus

Jangan lupa untuk memotret produk dengan kualitas yang bagus. Hasil jepretan produk tersebut bisa anda posting juga di dalam website dan akun official medsos. Susunlah foto secara rapi hingga dapat memanjakan mata. Karena gambar juga menjadi senjata dalam pemasaran usaha yang paling efektif. Oleh karena itu, jangan anda remehkan tips yang satu ini.

Manfaat dari memasang foto produk di website dan akun medsos ialah untuk branding. Ini menjadi tips memulai usaha online yang dimana jarang diketahui oleh orang banyak. Ingatlah pepatah yang mengatakan “jika belum dilakukan oleh orang, lakukanlah!” karena itu bisa menjadi sebuah peluang dalam strategi pemasaran usaha secara online.

Pasanglah Iklan di Google Ads

Tips ini harus mengeluarkan sedikit uang untuk melakukan teknik pemasaran usaha secara online. Google menjadi mesin pencarian yang paling populer, sehingga ini bisa menjadi peluang anda dalam memasarkan produk. Anda bisa mendapatkan pelanggan yang tepat sasaran dengan market yang anda bidik.

Cara memasang iklan di Google Ads juga sangat mudah, anda bisa mengunjungi link ini untuk mengetahui lebih lanjut. Yang jelas, keuntungan mengiklankan di Google Ads ialah anda bisa mendapatkan harga yang bersaing dengan target pasar yang luas. Sehingga sangat cocok untuk pemula usaha online, UMKM, bisnis rumahan, bisnis digital, jasa, dan lain sebagainya.

Daftarkan ke Google Bisnis

Tips merintis usaha online pemula selanjutnya ialah dengan mendaftarkan usaha atau bisnis anda ke Google Bisnis. Google Bisnis memiliki manfaat diantaranya dapat menampilkan alamat asli usaha anda, menampilkan informasi yang sangat berguna, mendapatkan fasilitas analitik yang sangat berguna, bisa mendapatkan review atau testimoni secara organik, dan tentunya GRATISS!!.

Untuk mendaftar ke Google Bisnis, cukup akses saja ke link berikut ini. Disitu anda bisa menambahkan toko anda, kemudian isi semua kelengkapan yang dibutuhkan, terakhir ialah tinggal menunggu kode yang dikirim lewat pos. Google Bisnis menjadi lompatan yang sangat besar dalam merintis usaha online.

Berikanlah Data yang Dapat Dihubungi

Jangan lupa untuk melampirkan data yang bisa dihubungi. Data tersebut bisa berupa nomor WA, alamat email, nomor handphone, alamat, dan sejenisnya. Nantinya calon pelanggan akan bisa dengan mudah menghubungi anda jika ia ingin pesan, tanya seputar produk, dan bahkan kerjasama dengan anda. Sangat percuma sekali jika anda tidak melampirkan data lengkap, padahal data tersebut dapat meningkatkan nilai kepercayaan kepada pelanggan.

Semua data yang dapat dihubungi dan kredibel dapat anda tambahkan di intro akun media sosial dan website yang anda kelola. Dan pastikan, anda harus selalu provide dengan perkembangan teknologi informasi. Jadi semakin banyak data yang dapat dihubungi, semakin mudah pula calon pelanggan anda menghubungi anda.

Bangun Kedekatan dengan Pelanggan

Tips merintis usaha online selanjutnya ialah dengan membangun kedekatan dengan pelanggan. Kenapa harus dekat dengan pelanggan? Ingatlah jika “pelanggan adalah raja”. Kata kata ini yang wajib anda tanamkan dengan kuat di pikiran anda. Hal ini dimaksudkan agar anda memiliki mindset dalam memberikan pelayanan yang maksimal. Karena para entrepreneur bilang hidup adalah bagaimana melayani.

Membangun kedekatan dengan pelanggan ada banyak cara. Diantaranya ialah dengan memberikan pelayanan pengaduan dengan baik, sering sering bersosialisasi di media sosial, memberikan promosi, giveaway, dan lain sebagainya. Cara cara inilah yang bisa anda jadikan sebagai langkah pengenalan usaha online yang baru anda rintis.

Buatlah Fanspage atau Akun Official

Ketika usaha yang anda rintis sudah semakin populer, tak ada salahnya untuk membuat fanspage. Fanspage ini biasanya sangat cocok diterapkan di media sosial seperti Facebook. Memang apa sih untungnya membuat fanspage media sosial? Anda bisa lebih dekat dengan pengguna media sosial lain. Ingat, tips sebelumnya mengatakan jika anda harus membangun kedekatan dengan pelanggan saat awal merintis usaha online.

Memang awalnya sih susah ya buat mencari follower untuk fanspage, tapi lama kelamaan dari dibukanya fanspage authority anda semakin meningkat. Di fanspage tersebut bisa anda isi mengenai informasi produk, promosi, customer care, branding, dan lain sebagainya. Tak menutup kemungkinan anda juga harus menggunakan akun official seperti yang ada di Instagram dan sejenisnya.

Promosikan di Berbagai Media Sosial

Langkah terakhir dalam merintis usaha online ialah dengan mempromosikan produk anda di berbagai macam media sosial. Media sosial tersebut bisa Facebook, Instagram, WA, dan lain sebagainya. Semakin banyak media sosial yang anda gunakan, semakin luas anda dalam memasarkan usaha online yang anda miliki.

Dalam promosi ini, anda bisa menggunakan cara yang berbayar atau cara gratisan. Jika berbayar, berarti anda bisa menggunakan Google Ads, Instagram Ads, Paid Promote di IG, dan Facebook Ads. Sedangkan jika ingin gratisan ya anda bisa posting di MarketPlace Facebook, posting di grup Facebook, akun official, fanspage dan sejenisnya.

Di atas adalah tips merintis usaha online yang bisa anda coba. Tips memulai usaha online memang wajib anda ketahui, supaya anda tidak salah dalam melangkah awal dalam memulai usaha online. Karena langkah awal memang sedikit terasa lebih sulit, jika anda tidak tahu ilmunya. Oleh karenanya, pelajari terlebih dahulu dari berbagai aspek supaya menghasilkan output yang maksimal.
Afif Mumtaz
Afif Mumtaz Seorang yang sedang berusaha menikmati indahnya membaca dan terus merubah pola pikir ke yang lebih baik.

Tidak ada komentar untuk "10 Tips Merintis Usaha Online untuk Pemula hingga Expert"

Langganan