10 Tips Sebelum Mengambil Kredit yang Harus Diperhatikan

Tips Sebelum Mengambil Kredit

Ada waktunya kita berhutang demi memenuhi kebutuhan yang ada di depan mata kita. Padahal sebisa mungkin kita harus menghindari yang namanya hutang. Karena hutang nantinya akan menjadi beban baru yang harus kita cicil secara berkala. Oleh karena itu, sebelum berhutang atau mengambil kredit, anda harus berada di dalam keadaan yang siap.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengambil kredit. Setelah anda mengetahui secara detail, anda juga wajib mengetahui tips sebelum mengambil kredit. Meskipun kredit dinilai akan meringankan kebutuhan anda, tapi anda juga harus bisa memperhatikan keuangan dan kondisi ekonomi. Berikut ini adalah tips sebelum mengambil kredit yang wajib diperhatikan oleh setiap orang.

Analisalah Kemampuan Anda untuk Membayar

Pertama, anda harus bisa menganalisa kemampuan anda dalam membayar. Analisa ini bergantung kepada pendapatan anda setiap bulan, beban ekonomi yang masih anda tanggung, rasio hutang, bunga, dan dana darurat yang harus anda miliki. Setelah anda mengetahui variabel tersebut, barulah anda bisa mengambil kebijakan yang rasional dan terukur.

Untuk menganalisa kemampuan memanglah sedikit agak susah. Anda harus mengenali diri anda sendiri dan seberapa jauh anda nantinya bisa membayar. Jika semisal anda mengajukan kredit di bank, tentunya mereka akan menganalisa kemampuan anda membayar kredit.

Hitung dengan Betul Kebutuhan Anda Sehari Hari

Anda harus pandai pandai menghitung setiap pengeluaran anda sehari hari. Biaya hidup atau pengeluaran sehari hari itu tergantung dari jumlah orang yang berada di beban kita. Semisal orang yang menjadi tanggungan hidup kita ialah adik, dan kedua orang tua. Nah pastikan anda harus menghitung biaya pengeluaran setiap harinya.

Kita ambil contoh, semisal biaya pengeluaran sehari adalah Rp. 50.000 dan gaji kita sebulan adalah Rp. 3.000.000, maka menurut rasio hutang yang 30% dari gaji, anda jangan mengambil kredit melebihi 1 juta setiap bulan. Supaya nantinya anda memiliki dana darurat, anda harus bisa menyisihkannya.

Carilah Tingkat Bunga yang Rendah

Tips sebelum mengambil kredit selanjutnya ialah mencari tingkat bunga yang rendah. Bunga bisa menyebabkan hutang kita jadi menumpuk. Oleh karena itu, supaya nantinya anda tidak kesusahan saat membayar tagihan, anda harus mencari kredit yang tingkat bunganya rendah.

Memang agak susah sih untuk mencari pemberi kredit yang menawarkan bunga rendah. Tapi tips mudahnya ialah sebisa mungkin bayar kredit secepatnya. Hal ini dilakukan agar bunganya tidak semakin menumpuk yang justru dapat mempersulit anda dikemudian hari.

Pastikan Anda Memiliki Penghasilan yang Tetap

Yang harus anda perhatikan sebelum mengambil kredit ialah penghasilan yang anda miliki. Pastikan anda memiliki penghasilan yang tetap setiap bulannya. Saat mengambil kredit, anda bukan orang serabutan atau kontrak yang belum tentu akan diperpanjang kontraknya.

Dengan memiliki penghasilan tetap, anda bisa menjamin ketersediaan anda dalam membayar cicilan. Sehingga nantinya anda tidak keteteran mencari uang untuk mencicil kredit. Tapi pastikan, sebelum anda mengambil kredit, anda harus memperhitungkan biaya pengeluaran tetap setiap bulannya.

Atur Jangka Pembayaran Agar Sesuai dengan Kemampuan

Mengatur jangka pembayaran kredit, akan menyebabkan jumlah bunga yang beda. Semakin anda cepat melunasi hutang, maka semakin sedikit pula bunga yang harus anda bayar. Meskipun begitu, anda harus mempertimbangan faktor lain.

Nah untuk mengatur rasio bayar hutang, anda harus memperhatikan biaya pengeluaran setiap bulannya. Tapi sebisa mungkin, cicilan per bulan anda jangan melebihi 30% pendapatan anda. Itupun jika pengeluaran bulanan anda tidak lebih dari 70%. Jika lebih, tentunya anda harus menurunkan jumlah cicilan per bulan.

Pilih Pemberi Kredit yang Terpercaya

Jangan sampai anda tergiur dengan pemberi kredit yang menawarkan bunga kecil dengan pembayaran yang fleksibel. Yang paling terpenting ialah mencari pinjaman uang ke kreditur terpercaya dan mampu memenuhi segala perjanjian yang sudah disah kan di awal. Karena biasanya pemberi kredit yang curang itu mengubah suku bunga yang sudah ditetapkan sejak awal.

Anda juga jangan sampai lengah dengan perhitungan penaikan bunga. Hal ini dimaksudkan agar anda tidak tertipu dengan perhitungan bunga yang mereka lakukan. Tapi pada intinya, carilah pemberi hutang atau kredit yang terpercaya sebelum anda mengambil kredit.

Ketahuilah Resiko Meminjam Uang

Sebelum meminjam kredit, ketahuilah dengan betul resiko apa saja yang akan anda hadapi. Resikonya bermacam macam, mulai jaminan barang, bunga yang menumpuk, tidak memiliki tabungan, dan lain sebagainya.

Jangan sampai anda meremehkan setiap resiko dari meminjam uang. Tanyakan dulu kepada kreditur bagaimana kebijakan apabila terjadi hambatan ketika hendak membayar cicilan. Dengan begini, anda bisa mengukur seberapa besar untung rugi dari meminjam uang.

Pembayaran Utang Jangan Lebih 30% dari Pendapatkan Kita

Ingin memiliki kondisi ekonomi yang sehat? Tetapkanlah rasio hutang jangan sampai lebih dari 30% dari pendapatan anda. Jadi semisal gaji anda 3 juta per bulan, jangan sampai cicilan anda lebih dari 1.3 juta. Hal ini dimaksudkan agar anda memiliki cadangan uang dan dana darurat yang nantinya akan bisa dipakai oleh yang lain lain.

Ini adalah salah satu pertimbangan sebelum mengambil kredit yang wajib diketahui oleh setiap orang. Jangan biarkan ekonomi anda remuk karena kebanyakan hutang. Banyak hutang, banyak beban, banyak bunga, dan akhirnya banyak masalah baru bermunculan.

Utang Berarti Beban Baru, Anda Harus Bisa Merencanakan dengan Betul

Ingatlah, utang adalah beban baru dan wajib anda tanggung. Anda harus memperhatikan betul beban baru ini supaya tidak membengkak dan membebani ekonomi anda. Rencanakanlah dengan betul keuangan anda supaya anda tidak terlilit oleh utang + bunga kredit.

Tanyakan Terlebih Dahulu Informasi Tentang Kredit Tersebut

Tips terakhir ialah tanyakanlah terlebih dahulu mengenai detail informasi kredit tersebut. Tanyakan mulai apakah ada jaminan, besar bunga, berapa lama cicilan, jumlah cicilan per bulan, dan denda ketika telat membayar.

Jangan sampai anda minim informasi, karena jika tidak anda akan terjerumus ke dalam utang yang menumpuk tiada habisnya. Pastikan anda juga sanggung memenuhi ketentuan dan persyaratan yang diberikan oleh kreditur.

Di atas adalah tips sebelum mengambil kredit yang harus anda perhatikan. Jangan sampai tidak mengetahui tips tersebut. Ini nantinya bisa menjadikan sedikit petunjuk buat anda yang ingin mengambil utang di lembaga keuangan manapun.

Afif Mumtaz
Afif Mumtaz Seorang yang sedang berusaha menikmati indahnya membaca dan terus merubah pola pikir ke yang lebih baik.

Tidak ada komentar untuk "10 Tips Sebelum Mengambil Kredit yang Harus Diperhatikan"

Langganan