16 Tips Semangat Kuliah yang Wajib Diperhatikan Oleh Setiap Mahasiswa

Tips Semangat Kuliah
 
Kuliah merupakan jembatan untuk menggapai cita cita. Dengan berkuliah, kita bisa mendapatkan banyak sekali ilmu yang nantinya sangat berguna di dunia kerja. Oleh sebab itu, kita jangan ragu lagi untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Karena di jenjang inilah, kamu akan menemukan banyak sekali ilmu yang sangat penting dan mendalam.

Tapi masih banyak juga mahasiswa yang tidak bersyukur bisa berkuliah. Padahal tidak setiap orang bisa mengenyam pendidikan di sekolah tinggi atau kuliah. Mereka rata rata kehilangan semangat untuk kuliah. Padahal semangat menjadi modal yang paling utama untuk menggapai cita cita dan melalui proses itu semua. Ada beberapa tips semangat kuliah yang bisa kamu perhatikan, supaya kamu bisa lebih bersungguh sungguh lagi ketika berkuliah. Berikut ini adalah tipsnya.

Ingatlah Tujuan dari Kuliah

Ingatlah tujuan kamu kuliah setiap kali merasa mulai malas. Ini menjadi tips semangat kuliah yang paling manjur bila dibandingkan dengan yang lainnya. Karena memotivasi diri lebih ampuh yang berasal dari diri sendiri ketimbang dari faktor eksternal. Salah satunya ialah dengan mengingat tujuan kuliah.

Semisal tujuan kuliah kita ialah mendapatka IPK yang bagus, lulus predikat cumlaude, dan menjadikan kuliah sebagai jembatan untuk meraih cita cita, maka raihlah itu semua. Caranya gimana? Efisiensikan waktu yang ada. Mnafaatkan setiap waktu yang ada pada saat kuliah untuk melakukan yang terbaik.

Bersyukurlah Karena Bisa Berkuliah

Motivasi untuk kuliah yang harus selalu ditanamkan di hati setiap mahasiswa ialah bersyuku karena bisa kuliah. Ingatlah, tidak semua orang bisa melanjutkan ke jenjang universitas. Oleh karenanya, kamu harus selalu bersyukur supaya kamu tetap semangat menjalani pembelajaran di kampus.

Jangan berkata, “ahh aku kuliah di kampus negeri, jadi terserah gw lah”. Ingatlah, meskipun biaya kuliah yang lebih ringan dan masuk universitas yang bergengsi, kamu harus tetap semangat. Jangan kemudian dengan mengandalkan almamater yang bergengsi itu, kamu tidak serius kuliah. Karena di dunia kerja, yang paling penting ialah menonjolkan skill ketimbang almamater kampus.

Cari Titik Kesenangan untuk Berangkat Kuliah

Supaya semangat kamu terpacu, cobalah untuk mencari titik kesenangan dari kuliah itu sendiri. Semisal di kelas, ada orang yang kamu sukai, kamu suka dengan cara mengajar dosen sehingga betah, atau bahkan kamu menyukai materi yang sedang dipelajari.

Dengan mendapatkan titik kesenangan dari kuliah, kamu akan jauh lebih semangat buat jalani kegiatan perkuliahan sehari hari. Saking senangnya, kamu bahkan bisa menjadi lebih paham dengan materi yang diajarkan.

Buatlah Reward Buat Diri Sendiri

Cara agar semangat kuliah salah satunya ialah dengan memberikan reward kepada diri sendiri. Reward atau hadiah tersebut diberikan kepada diri sendiri karena berhasil mencapai suatu pencapaian. Semisal kamu berhasil mendapatkan nilai yang bagus, berhasil menguasai materi kuliah yang diajarkan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Karena kamu seorang mahasiswa, carilah reward yang murah murah saja. Semisal, sesekali makan enak, wisata alam, shopping, dan lain sebagainya. Kenapa harus memberikan reward? Hal ini dilakukan supaya kita menjadi lebih semangat dan terpacu buat meraih apa yang kita targetkan selama ini.

Ingatlah Diluar Sana, Orang Tua Sedang Mengharapkan Hasil Kuliah

Cara semangat kuliah yang sering datang dan mengingatkan kita untuk terus semangat ialah dari orang tua. Ketika semangat kuliahmu semakin menurun, coba ingatlah perjuangan kedua orang tuamu yang mati matian bekerja demi kuliahmu. Sehingga nantinya kamu bisa teringat dan semangat kamu bisa pulih kembali.

Memang ini menjadi tips semangat kuliah yang paling ampuh. Mengingat perjuangan orang tua akan membuatmu lebih serius buat kuliah. Ingatlah wajah sedih orang tua apabila kecewa jika kamu tidak semangat kuliah.

Carilah Rival yang Bisa Memacu Semangat Kuliah

Coba carilah rival atau teman yang bisa menjadikan kamu semangat. Rival ini bukan berarti harus bersaing dengan cara kotor ya atau bahkan musuh musuhan, tapi rival disini yang dimaksud ialah orang yang dapat membuatmu ingin mengalahkannya. Entah itu dari segi akademik maupun non akademik.

Memang sih, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Tapi dengan menetapkan rival, kamu jangan kemudian memusuhinya dan tidak mau berbagi ilmu. Karena sesungguhnya letak keberkahan ilmu itu sendiri berasal dari ilmu yang kita bagi.

Berbaurlah dengan Teman

Kenapa berbaur dengan teman bisa menjadi lebih semangat kuliah? Ya tentu saja bisa. Lingkungan yang baik dengan orang orang yang kita kenal dapat membuat kita nyaman. Kenyamanan iniah yang membuat kita bisa betah buat pergi ke kampus untuk kuliah.

Sesekali Merenungi Privilege yang Kita Miliki

Privilege atau hak istimewa tidak semua orang bisa mendapatkannya. Supaya kamu bisa ingat dengan tujuan kuliah kamu dan mensyukuri jika kita mendapatkan “hak istimewa” yang belum tentu didapatkan oleh setiap orang.

Renungilah dan syukurilah apa yang kita miliki sekarang ini. Dengan resource yang kita miliki sekarang, kita bisa dengan mudah meraih kesuksesan yang ada di depan mata kita. Dan apa yang kita miliki tersebut, belum tentu dimiliki oleh orang lain. Renungilah, supaya kamu bisa semangat kuliah.

Ikutilah Kompetisi atau Perlombaan

Salah satu hal yang membuat kita semangat dan fokus kuliah ialah dengan mengikuti perlombaan dan kompetisi. Banyak banget nih lembaga yang mengadakan kompetisi seperti karya tulis ilmiah, penelitian, olimpiade, cerdas cermat, dan lain sebagainya.

Jika semangat kamu mulai kendur, cobalah untuk mengikuti salah satu kompetesi yang kamu kuasai. Semisal jika kamu memiliki cukup ilmu dan ide, cobalah untuk membuat karya tulis ilmiah. Buatlah inovasi sesuatu hal yang kemudian ajukanlah ke kompetensi karya ilmiah. Biasanya LIPI sering mengadakan lomba seperti ini.

Carilah Motivasi yang Cocok Agar Semangat Kuliah

Carilah motivasi untuk mahasiswa yang malas belajar supaya tetap semangat. Tujuan kamu kuliah ialah menimba ilmu, mencari relasi, dan untuk mendapatkan pengalaman. Oleh karena itu, carilah motivasi yang menurut kamu cocok dengan gaya kamu supaya kamu bisa semangat.

Ada banyak sekali kok motivasi itu datang. Mulai dari dalam diri kita hingga orang disekitar. Semisal motivasi karena ingin mengejar IPK bagus, lulus tepat waktu, lulus cumlaude, mendapatkan pekerjaan yang bagus, mendapatkan beasiswa, dan lain lain. Motivasi dapat merubah mindset, sehingga nantinya kita memiliki mindset yang benar.

Tentukanlah Target Kuliah Kamu

Tips semangat kuliah selanjutnya adalah menentukan target kuliah. Target kuliah menjadi sebuah kewajiban yang harus dimiliki oleh mahasiswa, bahkan mahasiswa baru sekalipun harus punya. Ini juga menjadi tips mahasiswa baru yang harus diperhatikan oleh mereka. Karena jika tidak, rasa rasanya kuliah hanya sekedar formalitas saja tanpa adanya target yang memacu kita.

Target kuliah adalah hal yang paling penting di dunia perkuliahan. Jangankan bekerja, kuliah pun juga harus ada targetnya. Jika kita tidak memberikan target, kita akan cenderung malas malasan. Padahal manusia jika dipacu dengan target, maka ia akan menjalaninya dengan sungguh sungguh. Ada banyak target kuliah yang bisa kamu tetapkan, semisal lulus tepat waktu, mendapatkan predikat cumlaude, mendapatkan beasiswa lanjut S2, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Buatlah Dirimu Nyaman

Rasa nyaman memberikan kebetahan saat kuliah. Dan rasa betah, memberikan rasa semangat buat menjalani hari hari. Oleh karena itu, tips semangat kuliah ialah dengan membuat diri kamu nyaman dengan lingkungan kampus.

Bagaimana caranya? Caranya bisa bermacam macam, mulai carilah teman yang positif, buatlah kegiatan yang membangun dan satu frekuensi dengan kamu. Ini adalah cara yang simple dan mudah untuk diterapkan.

Bandingkanlah Dirimu dengan Orang Lain yang Berprestasi di Kampus

Coba bandingkanlah dirimu dengan teman kamu di kampus, lalu tariklah kesimpulan. Kesimpulan itu bisa, apa kelebihan kamu, apa kekurangan kamu, apa yang harus kamu lakukan untuk 1 semester kedepan, dan lain lain.

Membandingkan diri dengan orang lain bukan berarti merendahkan diri sendiri. Tapi dengan membandingkan, kamu jadi lebih tahu apa yang harus ditingkatkan sehingga motivasi buat semangat kuliah semakin besar.

Kuasailah Ilmu yang Kamu Sukai

Kenapa harus menerapkan tips semangat kuliah yang satu ini? Karena dengan menerapkan tips ini, kamu akan lebih mudah untuk mengikuti matkul yang kamu sukai. Menguasai ilmu yang kita sukai juga bisa memberikan sedikit gambaran mengenai cita cita kita untuk kedepannya. Sehingga saat menentukan penjurusan akan lebih mudah dan terarah.

Ikutlah UKM yang Menggugah Semangatmu

Di universitas, ada banyak sekali kok UKM yang dapat kita ikuti. UKM tersebut tentunya dapat mengembangkan softskill yang kamu miliki. Dan tahukah kamu, jika softskill adalah syarat utama untuk melamar pekerjaan? Ya benar, setiap perusahaan menentukan kriterianya masing masing.

Jangan terlalu banyak mengikuti UKM, karena bisa bisa malah mengganggu kegiatan akademikmu. Padahal tujuan utama kuliah kita ialah mencari ilmu. Dengan mengikuti UKM, kamu bisa mendapatkan hardskill dan juga softskill yang nantinya berguna di dunia kerja.

Tanamkan Rasa Malu kepada Orang Terdekat

Tips terakhir semangat kuliah ialah menanamkan rasa malu kepada orang terdekat kita. Malu tidak lulus tepat waktu, malu mendapatkan nilai jelek, malu ketika lulus tidak menguasai banyak skill, dan malu tidak kuliah dengan bersungguh sungguh menjadi rasa yang harus selalu ditanamkan di dalam diri kita. Supaya nantinya kita bisa lebih bersemangat dan menjadi cara mengatasi malas kuliah yang tepat.

Demikian adalah tips semangat kuliah yang harus kamu coba. Tidak hanya sekedar dicoba saja, tapi juga dipraktekan dan jadikanlah ini menjadi sebuah habbit baru yang baik. Jangan sia siakan kesempatan kuliah, karena tidak semua orang bisa merasakan bangku universitas.
Afif Mumtaz
Afif Mumtaz Seorang yang sedang berusaha menikmati indahnya membaca dan terus merubah pola pikir ke yang lebih baik.

Tidak ada komentar untuk "16 Tips Semangat Kuliah yang Wajib Diperhatikan Oleh Setiap Mahasiswa"

Langganan