12 Tips Agar Cepat Kontraksi dengan Mudah pada Ibu Hamil

tips agar cepat kontraksi

Usia kandungan sudah mencapai 9 bulan, tidak sabar rasanya ibu melahirkan buah hatinya. Sehingga banyak diantara para ibu ingin mempercepat proses kelahiran, dengan cara mempercepat kontraksi. Memang ini tidak salah, biasanya jika perkiraan hari kelahiran sudah dekat tapi belum merasakan kontraksi, maka dokter kandungan akan menyarankan berbagai metode.

Ada induksi alami yang bisa anda lakukan. Entah itu berbentuk makanan maupun aktivitas yang dapat memancing kontraksi alami. Writer span kali ini akan membagikan mengenai tips agar cepat kontraksi. Simak tips berikut ini supaya bayi anda yang ada di dalam kandungan bisa cepat keluar.

Memijat atau Merangsang Puting Payudara

Cara yang paling mudah ialah memancing tubuh untuk mengeluarkan oksitosin. Oksitosin adalah hormon yang dapat membuat rahim berkontraksi. Hormon ini biasanya muncul karena rangsangan di payudara. Caranya sangat mudah, yaitu lakukanlah gerakan melingkar pada areola seperti bayi yang menghisap ASI.

Pijatan pada puting payudara dengan jari atau alat bantu pompa ASI, payudara akan mengeras. Dengan begini, darah akan dipenuhi dengan hormon oksitosin yang dapat mempercepat proses persalinan. Anda bisa melakukannya secara mandiri atau dengan bantuan pasangan anda.

Berjalan Kaki

Tips kedua yang bisa anda lakukan jika ingin cepat kontraksi ialah dengan berjalan kaki. Siapa sangka jika hal sederhana ini dapat membuat rahim cepat kontraksi sehingga bayi bisa cepat minta keluar. Lakukanlah aktivitas ringan jalan kaki ini bisa di pagi hari ataupun sore hari.

Jangan sampai anda terlalu over melakukan aktivitas ini. Meskipun jalan kaki ada cara yang mudah, namun anda juga harus memperhatikan porsinya. Takutnya, janin akan mengalami masalah dan kandungan malah terjadi pendarahan karena terlalu berlebih.

Menggunakan Birth Ball

Jika di penjelasan pertama kita membahas mengenai tips agar cepat kontraksi secara fundamental, kali ini ialah secara teknikal. Birth Ball adalah sebuah alat yang berbentuk bola besar empuk yang terbuat dari karet. Bola ini dapat membantu ibu mengatur posisi bayi supaya siap untuk melahirkan.

Cara menggunakan Birth Ball untuk mempercepat datangnya kontraksi ialah dengan duduk di atasnya dan buat tubuh serileks mungkin saat di posisi ini. Saat menggunakan Birth Ball ada aturannya, yaitu jangan membungkuk. Pastikan posisi tubuh anda tegak lurus dan kedua kaki mengarah keluar. Jaga posisi supaya tetap stabil dan putarlah pinggul, tapi harus dalam keadaan duduk di atas bola. Lakukanlah latihan ringan ini selama 10 menit saja per hari.

Berhubungan Intim dengan Suami

Tidak ada salahnya untuk melakukan hubungan intim dengan suami. Karena siapa sangka jika cara ini bisa terbukti ampuh untuk mempercepat terjadinya kontraksi pada ibu hamil. Asalkan hubungan intim ini dilakukan dengan benar ya. Anda harus berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu jika ingin berhubungan suami istri.

Makan Pisang dan Kurma

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Journal of Midwifery & Reproductive Health, disitu mengatakan jika mengkonsumsi buah kurma secara rutin dapat memancing terjadinya kontraksi kelahiran. Hal itu dilakukan ketika mendekati minggu minggu terakhir ketika ingin melahirkan.

Pematangan serviks akan terjadi ketika ibu memakan kurma. Selain itu, serviks akan melebar yang ini mengindikasikan siap untuk melahirkan. Selain itu, ibu akan berkurang penggunaannya Pitocin selama persalinan.

Berenang

Berenang adalah salah satu cara untuk membuat ibu cepat kontraksi. Saat ibu berenang, janin akan merubah ke posisi siap melahirkan. Kontraksi otot pada ibu akan sedikit lebih rileks sehingga hal ini memudahkan si bayi untuk bermanuver siap untuk melahirkan. Tak ada salahnya untuk berenang. Tapi ingat, anda harus berenang dalam porsi yang cukup.

Terapi Akupuntur

Tips selanjutnya agar cepat kontraksi ialah dengan melakukan terapi akupuntur. Ya benar, terapi ini tidak selalu dikaitkan untuk orang yang mengalami permasalahan organ. Namun juga, terapi asal China ini dipercaya dapat mempercepat terjadinya kontraksi.

Akupuntur pada ibu hamil ialah dengan menusukan jarum jarum ke beberapa bagian tubuh. Selain dapat mempercepat proses kontraksi pada ibu hamil, terapi ini juga dapat mengurangi stress, mengatasi nyeri panggul, mengatasi rasa sakit saat persalinan, dan mengatasi mual mual.

Pijat Akupresur

Akupresur atau pijat dengan menekan secara fokus adalah salah satu metode pijat yang dapat merelaksasikan otot otot. Pijat ini memang akan sedikit terasa sakit, apalagi jika dilakukan di bagian yang mengalami pegal pegal. Tapi ternyata, pijat yang terlihat menyakitkan ini bisa memicu kontraksi cepat loh. Tapi sebelum melakukannya, anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan ya.

Konsumsilah Buah Nanas

Jangan salah, meskipun nanas diidentikan dengan buah yang dapat mengganggu perkembangan janin, tapi siapa sangka jika nanas bisa mempercepat proses kontraksi. Asal perlu diingat, jangan makan nanas terlalu banyak ya. Perhatikan pula porsi yang anda makan.

Menghirup Aromaterapi

Meskipun aromaterapi terdengar kontroversial, tetapi ternyata menghirup aromaterapi bisa memicu terjadinya kontraksi asli loh. Tentu saja dengan menghirup aromaterapi dalam jumlah yang terukur dan tidak berlebihan.

Buat Rileks dengan Pijat Refleksi

Metode lain dalam mempercepat kontraksi buat ibu hamil ialah dengan melakukan pijat refleksi. Pijat refleksi bisa memberikan ketenangan pada ibu hamil. Sehingga cara inilah yang banyak digunakan oleh para ibu untuk mempercepat terjadinya kelahiran sang buah hati.

Konsumsilah Teh Raspberry

Cara ini mungkin terdengar sederhana, karena kamu hanya cukup dengan minum teh raspberry. Selain rasa tehnya yang nikmat, ternyata teh ini bisa membuat ibu cepat terkontraksi loh. Teh ini bisa menguatkan rahim saat hendak melakukan persalinan. Jika metode ini tidak berhasil, anda bisa menggunakan metode lain atau menggabungkannya dengan metode lainnya.

Demikian adalah tips agar cepat kontraksi. Sebenarnya waktu kelahiran sang buah hati sudah diprediksi oleh dokter kandungan. Tapi dengan menggunakan cara cara di atas, ibu berharap sang buah hati bisa lahir lebih cepat dari waktu perkiraan. Karena mungkin anda para ibu sudah tidak sabar lagi melihat wajah sang buah hati kan?
Afif Mumtaz
Afif Mumtaz Seorang yang sedang berusaha menikmati indahnya membaca dan terus merubah pola pikir ke yang lebih baik.

Tidak ada komentar untuk "12 Tips Agar Cepat Kontraksi dengan Mudah pada Ibu Hamil"