Telah Tahu Langkah Melapor Pajak Trading Saham? Baca Ketetapan dan Triknya Berikut Ini!



Sebagai seorang investor tidak lepas dari kewajiban bayar pajak, karena pendapatan yang didapat dari saham terhitung dalam salah satunya object pajak. Pajak trading saham harus dibayar oleh investor saat memperoleh pendapatan dari saham baik itu transaksi bisnis jual beli saham atau dividen. Seterusnya investor harus juga memberikan laporan SPT (Surat Pernyataan Tahunan) pajak ke kantor pajak.


Ketetapan Berkenaan Pajak Saham


 

Ketetapan berkenaan pajak saham sudah ditata dalam PP 41/1994. Ketentuan itu sudah atur berkenaan besarnya pajak yang perlu dikeluarkan dari trading saham yang sudah dilakukan. Agar semakin selengkapnya, berikut ialah beberapa ketentuan-ketentuan mengenai pajak trading saham:


1. Pajak Pemasaran Saham

Untuk transaksi bisnis pemasaran saham dikenai pajak sebesar 0,1% % dari keseluruhan nilai transaksi bisnis. Nilai transaksi bisnis yang diartikan di sini tidak mengarah apa investasi itu untung atau rugi. Dengan begitu tanpa menyaksikan kondisi itu beberapa investor harus tetap bayar pajak.


2. Pajak Dividen

Selainnya pemasaran saham, pajak trading saham dikenai pada pendapatan dari dividen. Untuk beberapa investor harus pajak yang memperoleh pendapatan dari dividen PPH final yang dikenai ialah sejumlah 10% dari pendapatan bruto yang didapat oleh investor. Pajak ini telah automatis dipotong di saat deviden dibayar ke investor pribadi.


Dan untuk beberapa investor dari tubuh usaha besar besarnya pajak ialah 15 % dari pendapatan. Hal itu berlaku ke tubuh usaha yang telah mempunyai NPWP. Dan untuk tubuh usaha yang belum mempunyai NPWP harus bayar pajak PPH final sejumlah 30%.


3. Pengambilan Pajak

Untuk proses pengambilan pajak trading saham dari transaksi bisnis pemasaran saham sudah ditata dalam KMK no. 282/1997 pasal 4 ayat 1. PPH final akan automatis dipotong oleh faksi Bursa Dampak saat pembayaran pelunasan pembayaran pemasaran saham. Saat investor beli saham dari perusahaan sekuritas maka memperoleh laporan transaksi bisnis dengan detil.


Langkah Melapor Pajak Saham dalam SPT

Sebagai investasi yang dikenai pajak, beberapa investor wajib buat melakukan dalam SPT tahunan. Ada banyak hal yang penting disampaikan dalam SPT yakni pajak pendapatan saham dari pemasaran, pajak deviden dan saham yang belum dipasarkan. Untuk memberikan laporan pajak ke SPT tahunan turuti Cara berikut ini: 


1. Pakai E-filing

E-filing ialah layanan online pajak yang dapat dipakai untuk lakukan SPT tahunan. Jika umumnya laporan SPT harus dilaksanakan dengan berkunjung kantor pajak karena itu sekarang dapat dilaksanakan secara mudah lewat mekanisme online. Beberapa harus pajak perlu isi formulir SPT lewat cara online.


2. Isi Data Pendapatan dari Pemasaran Saham

Untuk memberikan laporan SPT dapat memakai formulir 1770, 1770 S dan 1770SS. Seterusnya isi beberapa data yang dibutuhkan dalam formulir itu. untuk pendapatan dari pemasaran saham karena itu catat pada kolom yang disiapkan, sumber pendapatan, jumlah pendapatan dan besarnya pajak yakni dihitung 0,1 % hasil dari pemasaran.


3. Isi Data Pendapatan dari Dividen

Seterusnya pada kolom deviden adukan jumlah pajak yang hendak dibayar. Info yang diperlukan ialah sumber pendapatan, jumlah dividen dan nilai pajak. Pajak yang diterapkan untuk dividen sejumlah 10%.


4. Isi Data Harta

Seterusnya jika investor mempunyai saham tetapi belum dipasarkan, jadi tidak akan dikenai pajak. Tetapi tetap harus disampaikan dalam SPT sebagai harta.
Dalam laporan itu bisa dicatat selengkapnya code, nama dari harta yang dipunyai, tahun mendapatkannya dan harga pencapaian. Berkenaan code saham dipisah jadi dua, untuk kelompok saham periode pendek dicatat 031, dan untuk kelompok saham periode panjang dicatat 032.


Itu lah ialah informasi-informasi berkenaan pajak trading saham dan besarnya pajak yang perlu dibayar. Investor harus memberikan laporan saham yang dipunyai dalam SPT. Sekarang memberikan laporan SPT dapat jadi lebih cepat dan mudah karena ada service e-filling yang membuat segalanya serba online.

Afif Mumtaz
Afif Mumtaz Seorang yang sedang berusaha menikmati indahnya membaca dan terus merubah pola pikir ke yang lebih baik.

Tidak ada komentar untuk " Telah Tahu Langkah Melapor Pajak Trading Saham? Baca Ketetapan dan Triknya Berikut Ini!"